Fenomena Gerhana Bulan Ini Akan Terjadi Dini Hari Nanti

Fenomena Gerhana Bulan Ini Akan Terjadi Dini Hari Nanti

Berita Terbaru – Fenomena gerhana bulan sebagian diprediksi akan berlangsung pda Rabu (1717/7/2019)/7/2019). Walaupun gerhana bulan sebagian ialah kejadian yang sering dilihat, gerhana kesempatan ini spesial karena sesudah malam hari ini, kita harus nantikan lama untuk menyaksikannya . Namun hal ini memang layak untuk kita saksikan karena jarang jarang terjadi. “Ini ialah gerhana Bulan paling akhir di 2019, sekaligus juga gerhana bulan kasatmata paling akhir sampai paling tidak dua tahun ke depan,” tutur Marufin pada Wartawan, Senin (15/7/2019).

Fenomena Gerhana Bulan Ini Akan Terjadi Dini Hari Nanti

Badan Metorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) mengatakan jika gerhana bulan kesempatan ini akan diawali pada Rabu jam 3.01 WIB pagi hari. Itu artinnya jika kita hendak saksikan gerhana matahari ini kita harus rela bangun subuh. Sesaat pucuk gerhananya akan berlangsung pada jam 4.30 WIB serta selesai sesudah fajar menyingsing, pada jam 6.00 WIB. Keseluruhan waktu gerhana ialah 2 jam 58 menit. Hanya karena gerhana bulan beberapa, karena itu bulan tidak akan semuanya berwarna merah darah. Cuma kira-kira separuh sisi bulan saja yang akan beralih warna.

Berdasar data Badan Penerbangan serta Antariksa Amerika Serikat (NASA), selama 2020 sebetulnya akan ada 4 gerhana bulan. Sayangnya, keempatnya ialah gerhana bulan penumbra alias tidak kasat mata. Jadi, kita tidak bisa tahu bedanya dengan bulan biasa. Namun hal itu bukan berrati kita tidak bisa menyaksikannya sama sekali. “Hampir tidak dapat dibedakan dengan purnama prima biasa terkecuali oleh pengamat memiliki pengalaman atau mungkin dengan memakai pertolongan camera DSLR atau teleskop,” tambah Marufin. Gerhana bulan kasat mata sesudah Rabu pagi hari ialah pada 26 Mei 2021, berbentuk gerhana matahari keseluruhan.

Waktu itu, daerah Jawa, Sumatera, serta Kalimantan dapat menyaksikannya. Meskipun begitu, pucuk gerhana paling baik dapat dilihat di daerah Sumatera. Gerhana bulan berlangsung waktu Bumi, Bulan, serta Matahari terdapat di satu garis lurus. Bila ketiganya betul-betul ada pada sebuah garis lurus, maka berlangsung gerhana bulan keseluruhan. Tapi bila tidak, akan berlangsung gerhana bulan beberapa.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *