Gagasan Ini Diyakini Bisa Menaikan Produksi Tani Kabupaten Landak

Gagasan Ini Diyakini Bisa Menaikan Produksi Tani Kabupaten Landak

Berita Terbaru – Kementerian Pertanian (Kementan) menggerakkan Pemerintah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalimantan barat) untuk lakukan pemetaan daerah kekuatan pertanian. Hal ini direncanakan dilakukan agar mereka bisa melihat dan mementukan tindakan selanjutnnya dengan beberapa indikasi yang jelas. Ini dikemukakan irektur Jenderal Prasarana serta Fasilitas Pertanian, Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy.

Gagasan Ini Diyakini Bisa Menaikan Produksi Tani Kabupaten Landak

Hasil riset ini akan diserahkan ke Jakarta. Mengenai arah pemetaan ini ialah untuk memberi dukungan penambahan hasil produksi, sekaligus juga meningkatkan produk pertanian favorit di wilayah. “Kementan meminta Pemkab Landak, dalam soal ini dinas pertanian, untuk lakukan pemetaan daerah di tiap kecamatan. Apa potensinya serta kendalanya, untuk diserahkan ke Kementan. Usaha ini mempunyai tujuan untuk memberi dukungan penambahan hasil produksi, sekaligus juga membuat merek favorit,” tuturnya, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Di hari kedatangannya itu, dia menguraikan banyak hal berkaitan program pertanian, terutamanya fasilitas serta prasarana. Diantaranya ialah program asuransi tidak berhasil panen tempat pertanian karena kekeringan, hama serta banjir. “Saat ini telah ada program asuransi tidak berhasil panen tempat pertanian. Cukup membayar Rp 36 ribu per musim per hektare, serta bekasnya sebesar Rp 144 ribu per hektare dibayar oleh pemerintah atau disubsidi,” kata Sarwo.

Bila petani alami tidak berhasil panen, tuturnya, faksi asuransi, dalam soal ini Asuransi Layanan Indonesia (Jasindo) akan ganti kerugian sebesar Rp 6 juta per hektare. Ditjen PSP Kementan menginginkan Dinas Pertanian, Perikanan serta Ketahanan Pangan (DKPP) Kabupaten Landak selekasnya mengoordinasikan serta ajukan ke Kementan.”Sudah diketahui, musim kemarau akan berlangsung lebih lama. Dinas Pertanian semestinya selekasnya menggerakkan program asuransi pertanian untuk keamanan serta kenyamanan petani,” dorongnya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengaku, kekuatan pertanian di Landak lumayan baik serta di dukung budget yang ideal untuk pertanian, dan membuat merek
original:
brand
suggestion:

tertentu, terutamanya beras lokal untuk tembus pasar. “Landak terhitung satu diantara kabupaten di Kalimantan barat, yang hasil panen padinya berlimpah serta tempat lumayan luas, dengan di dukung budget dari pemda. Ke depan, akan dikerjakan pemetaan kekuatan pertanian di tiap kecamatan untuk ditingkatkan jadi sentral produksi padi, jagung serta produk pertanian yang lain,” tuturnya.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *