Domba Yang Sehat Buat Dijadikan Kurba. Mareno

Domba Yang Sehat Buat Dijadikan Kurba. Mareno

Berita Terbaru – Umat Islam berlomba-lomba memburu hewan kurban paling baik, baik itu sapi, kerbau, kambing atau domba untuk menyambut hari raya haji. Satu diantara hewan kurban yang tengah banyak dicari oleh masyarakat Banyumas, Jawa Tengah, ialah domba merino. Domba asli Australia itu dikawin silang dengan domba lokal serta banyak ditingkatkan di wilayah Banjarnegara serta Wonosobo.

Domba Yang Sehat Buat Dijadikan Kurba. Mareno

Satu diantara peternak kambing serta domba di Banyumas, Dedi Budi Santoso menjelaskan domba merino atau yang biasa disebutkan di pasar jadi dombos itu banyak dicari warga. “Jika yang pernah menyembelih domba merino, tahun selanjutnya akan menyembelih itu ,” kata Dedi waktu didapati dalam tempat peternakannya di Desa Purbadana, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Senin (5/9/2019).

Dedi menjelaskan pertama kali memperkenalkan domba itu di seputar daerah Banyumas pada 2017 kemarin. Waktu itu masih dikit warga yang pilih domba merino jadi hewan kurban. “Awalannya dikiranya hanya bulunya saja yang tebal, tetapi nyatanya dagingnya banyak. Satu ekor domba merino dapat membuahkan daging di antara 20 kg sampai 22 kg,” tutur Dedi yang jadi Ketua Himpunan Peternak Kambing Domba Indonesia (HPKDI) Cabang Banyumas.

Kelebihan domba merino dengan domba lokal, lanjut Dedi, mempunyai badan yang besar. Diluar itu, bentuk bulunya yang tebal menarik ketertarikan warga. “Beratnya yang saya jual di antara 60 kg sampai 90 kg, umumnya yang berada di sini silangan, jika yang asli dapat 100 kg lebih. Jika dibawa ke pasar seringkali jadikan guyonan, siapa yang kuat angkat diberi uang Rp 100.000,” papar Dedi. Untuk harga, kata Dedi, beragam di antara Rp 2,5 juta sampai Rp 4,5 juta.

Sedang domba lokal di jual pada harga seputar Rp 1,3 juta dengan berat seputar 40 kg sampai 50 kg. “Harga jualnya sangat bagus, banyak yang berminat. Mendekati Idul Adha ini saya telah jual 150 ekor domba merino. Saya kirim ke Cilacap, Purbalingga, Tegal, Pemalang serta banyak daerah di Jawa Barat,” tutur Dedi. Satu diantara pekerja di peternakan itu, Yunus menjelaskan, pakan domba merino berlainan dengan pakan untuk domba lokal. Domba merino dikasih makan kangkung kering serta kleci, yakni olahan kulit air kedelai. Yunus menerangkan ketidaksamaan domba merino asli Australia serta hasil perkawinan silang dengan domba lokal ialah pada bulunya. “Jika merino yang asli bulunya sampai muka, kelihatan lebih gagah, jika yang hasil kawin silang, mukanya tidak ada bulunya, seperti domba lokal,” tutur Yunus.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *