Kacang Hijau Sukses Di Ekspor Lagi Oleh Indonesia Kebebrapa Negara Asia

Kacang Hijau Sukses Di Ekspor Lagi Oleh Indonesia Kebebrapa Negara Asia

Berita Terbaru – Kabar baik datang dari dunia pertanian indonesia. Baru baru ini Suwandi selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian ( Kementan) melepas export kacang hijau ke China serta Filipina sekitar 35 container di Kalianak, Surabaya, Jumat (6/9/2019), Suwandi memberi animo pada beberapa ekportir, terhitung pada PT Aman Buana Putera atas supportnya pada produk lokal pertanian Indonesia.

Kacang Hijau Sukses Di Ekspor Lagi Oleh Indonesia Kebebrapa Negara Asia

Dia memandang pekerjaan niaga, terhitung exportir, dapat menggerakkan roda perekonomian Indonesia, terutamanya di Jawa Timur. Ini sesuai instruksi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk terus menggenjot export pangan untuk tingkatkan andil pada perekonomian nasional serta kesejahteraan petani.

“Misalnya kacang hijau ini. Rotasi uangnya triliunan per tahun, cuma dari Jawa Timur. Dengan nasional, merilis data Badan Pusat Statistik (BPS), export kacang hijau Januari sampai Juni 2019 sebesar 3.489 ton,” papar Suwandi dalam launching tercatat, Jumat (7/9/2019).

Angka itu, sambungnya, terbagi dalam bentuk fresh 3.378 ton serta olahan 111 ton, naik 53 % dibandingkan periode yang sama pada 2018 yang cuma sampai 1.625 ton. Mengenai export kacang hijau 2017 sebesar 29.059 ton (fresh 28.570 ton serta olahan 490 ton). Seterusnya pada 2018 jadi 32.957 ton (fresh 32.392 ton serta olahan 565,18 ton), naik 12 % dari 2017.

Suwandi menerangkan kacang hijau jadi produk tanaman pangan ini beberapa ditujukan untuk mengonsumsi dalam negeri serta diproses jadi beberapa macam penganan, terhitung dari taoge. Lalu, beberapa ditujukan untuk export. Biasanya kacang hijau Indonesia dikirim ke Taiwan, Filipina, India, Mesir, serta Yaman. “Saya menantang PT Aman sebagai exportir untuk dapat memperluas jangkauan ekspornya ke beberapa negara itu,” katanya.

Perlu untuk diketahui, sampai sekarang tertera ada keseluruhan 17 exportir kacang hijau dari Indonesia, terhitung PT Aman Buana Putera. Tahun kemarin, jelas Suwandi, beberapa ekportir ini dapat kirim kacang hijau sekitar 33 ribu ton ke beberapa negara arah. “Keseluruhan export tahun 2018 itu naik 12 % dari tahun awalnya. Karenanya, kami mengharap export 2019 ini selalu bertambah,” papar Suwandi.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *