Jamur Bisa Jadi Penganti Protein Daging. Benarkah

Jamur Bisa Jadi Penganti Protein Daging. Benarkah ?

Berita Terbaru – Jamur tiram putih nyatanya mempunyai kandungan protein yang tinggi serta bisa jadikan alternatif protein yang murah dan meriah. Di konfirmasi oleh periset bagian Mikrobiologi di Puslit Biologi Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Iwan Saskiawan, jamur tiram putih memang mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dibanding sayuran serta buah-buahan. “Memang dari kandungan proteinnya, jamur masih ada dibawah kandungan protein dari daging serta ikan walau masih lebih tinggi dari sayuran serta buah-buahan,” tutur Iwan. Dengan pengetahuan taksonomi jamur digolongkan dalam kerajaan (kingdom) tertentu, tidak hanya kingdom Plantae (tumbuhan) serta animalia (hewan).

Jamur Bisa Jadi Penganti Protein Daging. Benarkah

Nyatanya nilai gizi jamur serta struktur jamur jadi bahan pangan ada antara kedua-duanya. “Namun jamur tidak memiliki kandungan cholesterol, yang disebut senyawa jahat yg mengakibatkan kerusakan kesehatan jika dikonsumsi terlalu berlebih,” papar Iwan. Diluar itu formasi asam amino penyusun protein pada jamur hampir mirip hewan, hingga benar-benar bagus untuk beberapa vegetarian.

Struktur jamur sangat mirip daging, bahkan juga lebih lembut hingga jika dibuat atau diproses bumbu akan meresap dengan prima. Kandungan mineral seperti Fe, Se, serta Zn pada jamur tambah tinggi dibanding daging. Diluar itu jamur memiliki kandungan senyawa aktif anti diabetes, anti cholesterol danimunomodulator yang bisa tingkatkan ketahanan badan dari serangan penyakit.

Sekarang beberapa periset jamur pangan di Puslit Biologi LIPI sedang meningkatkan jamur yang memiliki kandungan senyawa Selenium yang optimum lewat eksperimen media tanam. Kandungan gizi yang ada di jamur ini dikutip oleh LIPI benar-benar baik untuk menolong perubahan anak balita tumbuh sehat. Walau jamur type ini aman untuk seringkali dikonsumsi, Iwan memperjelas jamur tidak bisa dikonsumsi terlalu berlebih.

“Diluar itu dikerjakan riset mengenai bahan pangan berbasiskan jamur seperti Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) untuk mencegah stunting,” kata Iwan. Bila dihitung dalam berat kering, kandungan protein yang ada di jamur tiram putih ini terdapat 19,35 % serta itu tambah tinggi dibanding beras yang cuma 7,3 %, gandum 13,2 % tetapi tidak seperti susu sapi yang sampai 25,2 %.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *