Separtis Catalonia Dijatuhi Vonis FC Barcelona Menolak

Separtis Catalonia Dijatuhi Vonis FC Barcelona Menolak

Berita Terbaru – Mahkamah Agung Spanyol barusan memvonis hukuman penjara 9 sampai 13 tahun pada sembilan tokoh yang dipandang terjebak dalam deklarasi kemerdekaan Catalonia pada Oktober 2017 yang lalu. Vonis hukuman penjara pada sembilan tokoh separatis Catalonia itu dijatuhkan pada Senin (14/10/2019).

Separtis Catalonia Dijatuhi Vonis FC Barcelona Menolak

Pada Oktober 2017, beberapa pemimpin Catalonia membuat referendum yang diadakan tanpa ada kesepakatan Pemerintah Spanyol. Referendum membuahkan suara sebagian besar masyarakat yang inginkan Catalonia terlepas dari Spanyol.

Jadi club sepak bola terpenting yang datang dari daerah Catalonia, Barcelona mengatakan melawan vonis itu. Lewat info tertulisnya, faksi club memperjelas vonis itu berlawanan dengan semangat kebebasan berekspresi serta hak untuk putuskan.

“Secara sama jika hukuman penjara mencegah tidak menolong mengakhiri perselisihan, hukuman penjara pun tidak dapat dijatuhkan ini hari, sebab penjara bukan jalan keluar.” Barcelona mengatakan butuh satu resolusi perselisihan untuk akhiri pergolakan yang berlangsung di Catalonia. Mereka memandang daripada menjatuhkan hukuman penjara, pemerintah semestinya memprioritaskan diskusi.

“Club minta semua pembuat kebijaksanaan untuk pimpin proses diskusi serta negosiasi untuk mengakhiri perselisihan ini, yang harus juga sangat mungkin pembebasan beberapa pemimpin sipil serta politik yang diberi hukuman.” “FC Barcelona mengatakan semua suport serta solidaritasnya pada keluarga mereka yang dirampas kebebasannya.” Sikap Barcelona ini diikuti club Catalonia yang lain, Girona. Club yang bermain di Segunda Division ini mengatakan ketetapan Mahkamah Agung Spanyol tidak mengakhiri perselisihan.

Seperti Barcelona, Girona menggerakkan dilakukan diskusi serta negosiasi yang menyertakan seluruh pihak, tanpa batasan serta ketentuan. “Proses ini harus di pimpin oleh lembaga-lembaga negara, harus juga meliputi pembebasan semua pemimpin sipil serta politik yang sudah dipenjara dengan tidak adil sepanjang dua tahun.”

“Girona ingin mengemukakan solidaritasnya pada beberapa keluarga tahanan politik, seperti Oriol Junqueras, Raul Romeva, Josep Rull, Jordi Turull, Joaquim Forn, Dolors Bassa, Carme Forcadell, Jordi Cuixart serta Jordi Sanchez, yang sudah menanggung derita sepanjang dua tahun sebab ketidakhadiran mereka.” Berlainan dengan Barcelona serta Girona, Espanyol malah pilih sikap netral. Mereka mengatakan Espanyol murni club olahraga serta menghargai ketetapan Mahkamah Agung Spanyol.

Espanyol mengatakan bila ada sisi dari club yang mengemukakan sikap, hal tersebut tidak sebagai wakil sikap club serta murni opini perorangan. “Kami menggerakkan semua otoritas publik untuk cari jalan keluar politik serta demokrasi untuk menangani kritis sosial ini.”

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *