Ini Tanggapan Ketua Biasa Asosiasi Travel Agent Indonesia Perihal Virus Corona

Ini Tanggapan Ketum Asosiasi Travel Agent Indonesia Perihal Virus Corona

Berita Terbaru – Wabah virus corona tidak dapat disangkal berefek buat bidang pariwisata di Indonesia. Beberapa hal yang menjadi pemicu, dari mulai penurunan kunjungan wisatawan China serta pemberhentian sesaat penerbangan dari Indonesia ke Negeri Gorden Bambu itu.

Ini Tanggapan Ketua Biasa Asosiasi Travel Agent Indonesia Perihal Virus Corona

Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia ( ASTINDO) Elly Hutabarat menjelaskan, spesial permasalahan virus corona, bidang pariwisata gantungkan pada otoritas China serta World Health Organization (WHO), terhitung berapakah lama waktu penyeselesainnya. “Waktu sudah semua usai, kita akan sembuh kembali,” papar Elly waktu didapati wartawan di acara Travelport, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Tetapi, tidak hanya tergantung pada dua faksi itu, keadaan ini bisa saja momen lihat kekuatan pasar pelancong luar negeri (wisman) tidak hanya China untuk kunjungan ke Indonesia. Salah satunya pasar yang dibidik ialah wisman dari beberapa negara long haul flight ke Indonesia, seperti Eropa. Menurut Elly, beberapa wisman type itu umumnya tinggal lebih lama, hingga dapat buka kekuatan keluarkan uang semakin besar di Indonesia. Rata-rata berkunjungnya ialah satu sampai tiga minggu.

“Kita harus juga mempromokan ke long haul, contoh dari Rusia. Jika long haul kita konsentrasi ke Eropa. Europeans, they stay long,” papar Elly.

Periode liburan yang lama dilandasi pada kesukaan wisman Eropa untuk menelusuri negara tempat liburan. Sesaat untuk pelancong Asia, menurut Elly, mereka cuma akan tinggal beberapa waktu saja di Indonesia, sebab jarak antar-negara masih termasuk dekat.

Tetapi, Elly memperjelas, pelancong long haul serta short haul sama utamanya. “Short haul kan banyaknya banyak juga. Jadi kita harus gabungan di antara long haul serta short haul ini sebab yang satu spending-nya besar, yang satu banyaknya banyak,” papar Elly.

Kuliner bisa datangkan wisman
Elly menjelaskan, kuliner adalah salah satunya aspek khusus untuk menarik makin banyak wisman ke Indonesia. Jadi contoh, Elly bicara tentang makanan Thailand. “Seputar 20 tahun kemarin, tidak ada yang mengetahui masalah makanan Thailand. Misalnya di Amerika, mana ada yang mengetahui masalah Thai food, tapi pemerintah mereka menolong dalam membuka usaha kuliner di luar negeri,” papar Elly.

Sekarang, makanan ciri khas Thailand bisa didapati di banyak negara. Serta, di Indonesia ada banyak restoran Thailand yang dapat didatangi. Hal sama dirasakan oleh Vietnam yang sekarang makanan ciri khas negaranya telah mulai banyak muncul di negara lain.

Di Amerika Serikat, kata Elly, dia sering lihat restoran Vietnam di tiap pojok kota. “Kuliner itu satu duta yang mengagumkan untuk mengenalkan negara (ke negara lain). Rendang ialah makanan yang terkenal, tetapi belum begitu dipresentasikan. Walau sebenarnya presentasi makanan penting juga,” kata Elly.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *