Untuk Penyaluran Kredit Usaha Micro Bank BTPN Syariah Memiliki Carannya Sendiri

Untuk Penyaluran Kredit Usaha Micro Bank BTPN Syariah Memiliki Carannya Sendiri

Berita Terbaru – PT BTPN Syariah (Tbk) trus menggerakkan pendistribusian credit usaha mikro, khususnya untuk nasabah di Cirebon Jawa Barat. Sekarang jumlahnya nasabah untuk utang produktif telah sampai 3,2 juta orang, dengan pendistribusian credit paling besar sampai Rp 50 juta.

Untuk Penyaluran Kredit Usaha Micro Bank BTPN Syariah Memiliki Carannya Sendiri

Distribution Head Ruang 1 BTPN Syariah Dharma Putera menjelaskan, faksinya dalam pendistribusian cicilannya bukan hanya terlalu fokus pada usaha saja, tetapi memberi pendampingan supaya nasabah dapat meningkatkan bisnisnya.

“Yang ingin kami tegaskan ialah BTPN Syariah bukan hanya memberikan pembiayaan, dan juga memberikan pendampingan. Kita ingin jadi bank syariah serta ingin mengubah prekonomian lewat tangan wanita,” kata Dharma di Cirebon, Kamis (13/2/2020).

Mengenai pendekatan yang dikerjakan oleh BTPN Syariah dengan turunkan CO atau Comunity Officer ke sentra-sentra usaha serta melalukan pendekatan persuasif pada calon nasabah. Dharma menjelaskan, faksinya mempunyai langkah pendekatan nasabah dengan memberikan skema MM (menggali mimpi).

“Kita tidak langsung menawarkan produk kepadaa nasabah pembiayaan. Proses pertama-tama kita kerjakan ialah MM (menggali mimpi). Mimpi calon nasabah apa sich yang diharapkan dalam kehidupannya? Seperti tingkatkan skala hidup. Jadi kita dari mulai sana,” tuturnya. D isisi lain, saat lakukan utang, calon nasabah dianjurkan untuk menabung. Nominalnya pun tidak tinggi serta dapat diawali pada Rp 5.000.

Khasnya dalam memberi utang, BTPN Syariah tidak minta jaminan atau agunan serta dengan nominal paling tinggi sekalinya. Nasabah perlu hadiri PRS (minggu teratur sentral) dua minggu sekali. Dalam PRS yang diadakan di rumah-rumah barisan nasabah, nasabah akan lakukan pembayarkan angsuran utang, menabung serta dengarkan pemberian materi dari CO.

Materi yang diberi biasanya berbentuk motifasi dalam memajukan usaha yang menggerakkan penambahan skala hidup wanita. Tidak hanya pemberian materi mempunyai tujuan mengubah pandangan nasabah dari unbankale jadi bankable. Untuk lebih memberi penghargaan pada beberapa nasabahnya yang telah setia, Bank BTPN memberi bonus pergi umroh buat nasabah dipilih dengan bergiliran.

Jadi info, perkembangan pendistribusian credit, outstanding dari tahun 2018 sampai tahun 2019 tumbuh 23 % sampai 24 %. Sesaat di tahun 2019 keseluruhan pendistribusian credit Bank BTPN hampir sampai Rp 9 triliun serta di tahun 2018 keseluruhan pendistribusian Rp 7,3 triliun. “Dengan nasional, perkembangan penyeluran credit rata-rata tumbuh 20 %,” imbuhnya.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *