Ini Dia Fakta Menarik Dari Jamu Temulamak Yang Belum Anda Ketahui

Ini Dia Fakta Menarik Dari Jamu Temulamak Yang Belum Anda Ketahui

Berita Terbaru – Temulawak bukan tanaman yang asing buat orang Indonesia. Tipe rimpah ini banyak diproses jadi jamu. Tetapi apa benar dapat menyembuhkan corona? Beberapa rempah disebut dapat menjadi obat penangkal virus corona yang bertambah luas penyebarannya. Sebutlah saja jahe, kunyit sampai serai yang kabarnya dapat mencegah virus mematikan ini. Beberapa waktu terakhir, temulawak ramai disebutkan dapat menyembuhkan corona.

Ini Dia Fakta Menarik Dari Jamu Temulamak Yang Belum Anda Ketahui

Sebetulnya temulawak sangat lama digunakan orang Indonesia jadi racikan jamu tradisionil. Rempah dengan nama ilmiah curcuma xanthorrhiza ini sudah teruji berguna untuk kesehatan serta kesehatan badan. Berkaitan temulawak yang dikatakan sebagai obat virus corona belum dapat dibuktikan, tetapi temulawak memiliki segudang manfaat yang telah teruji bertahun-tahun. Berikut beberapa bukti menarik tentang temulawak, rempah yang sangat identik dengan Indonesia yang terkenal jadi campuran jamu.

Yang pertama adalah Kenal temulawak
Temulawak ialah tumbuhan obat yang masuk dalam suku temu-temuan (zingiberaceae). Rempah ini asli datang dari Indonesia serta mudah didapati di seluruh punjuru pulau Jawa. Tetapi temulawak dapat juga didapati di Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, India, China serta Korea.

Di Jawa Tengah, penduduk mengetahui dengan istilah temulawak. Di Sunda disebutkan koneng gede sementara di Madura dikenal dengan panggilan temu labak. Temulawak telah dipakai mulai sejak beberapa ratus tahun yang lalu sebagai obat herbal khususnya diolah jadi jamu. Tetapi tidak cuma jamu, temulawak juga lama dipakai jadi pewarna makanan sampai bahan kosmetik.

Yang kedua adalah Ciri tanaman
Tanaman temulawak dapat dengan mudah dijumpai di semak atau kebun. Pohon temulawak biasa tumbuh secara liar, tetapi sekarang telah banyak dibudidaya jadi bahan baku produk massal seperti jamu. Tanaman temulawak mempunyai tinggi lebih kurang 1-2 mtr.. Batangnya berwarna hijau, bersusun serta punyai daun pelepah yang sama sama tumpang tindih.

Daunnya mempunyai panjang seputar 31-84 cm dengan lebar 10-18 cm. Tumbuhan ini mempunyai bunga yang berwarna kuning tua serta merah muda cukup keunguan. Selintas tumbuhan temulawak terlihat seperti dengan tumbuhan kunyit. Bedanya dapat dilihat dari umbi rimpang yang dibuat.

Yang ketiga adalah Pemakaian temulawak
Sisi yang diambil dari temulawak ialah umbi rimpangnya. Rimpang temulawak umumnya bercabang seperti jahe. Ukurannya sedang dengan cabang rimpang yang kuat serta kuat. Warna rimpangnya bermacam dari mulai coklat gelap, kuning tua sampai hijau gelap. Kandungan penting dari temulawak ialah protein, karbohidrat serta minyak atsiri. Temulawak memiliki kandungan zat kurkumin yang populer jadi anti inflamasi atau menurunkan radang dan ngilu.

Temulawak memiliki kandungan tepung yang tinggi hingga cukup banyak orang yang manfaatkan rimpang ini jadi sumber karbohidrat. Pati dari temulawak diproses jadi bubur serta bisanya diberi pada seorang yang alami permasalahan pencernaan.

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *