Kekayaan Indonesia Belum Dimaksimalkan Menurut LIPI

Kekayaan Indonesia Belum Dimaksimalkan Menurut LIPI

Berita Terbaru – Seperti yang kita ketahui bahkan dunia indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Kurang lebih 80 % tanaman herbal dunia tumbuh di Indonesia. Tetapi sayangnya, Indonesia dipandang belum bisa manfaatkan kemampuan ini seutuhnya.

Kekayaan Indonesia Belum Dimaksimalkan Menurut LIPI

“Kira-kira 28 ribu spesies tanaman dengan 1.845 salah satunya teridentifikasi jadi tanaman obat. Walaupun punya kekayaan alam yang banyak, tetapi Indonesia belum manfaatkan dengan maksimal kekuatan itu,” jelas Kepala LIPI, Seperti Tri Handoko dalam info resminya, Rabu (19/2/2020).

Dirinya sendiri menerangkan, dari 1.845 spesies tanaman yang teridentifikasi jadi tanaman obat, baru 283 spesies yang dengan resmi tercatat di Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) sebagai obat serta udah dimanfaatkan penduduk.

“Sedang kemampuan sumber daya alam hayati laut belum juga digunakan secara maksimal,” katanya. Handoko menerangkan, pengembangan tanaman obat jadi bahan baku obat adalah satu diantara prioritas penelitian nasional bagian kesehatan serta obat. Maksudnya ialah wujudkan kemandirian obat Indonesia.

“Instansi riset bisa bertindak dalam lakukan penelitian pendahuluan dan industri bertindak dalam hilirisasi produk yang sudah diciptakan, terpenting obat herbal terstandar dan fitofarmaka, lewat penelitian dan komersialisasi bahan baku obat tradisionil,” papar Handoko.

Menurut dia, tidak hanya memberi dukungan akses dan adanya obat nasional, hilirisasi produk obat diinginkan bisa tingkatkan nilai ekonomi sumber daya alam Indonesia. Kepala Pusat Riset Bioteknologi LIPI, Puspita Lisdiyanti menjelaskan, kekuatan keanekaragaman resapi Indonesia untuk bahan baku obat harus terus dikembangkan mengingat sebagian besar bahan baku obat di Indonesia masih di import di luar negeri.

“Sementara keperluan masyarakat dunia terhadap terhadap obat-obatan alami sangat tinggi. Perihal ini adalah kesempatan yang begitu baik buat industri obat herbal terstandar Indonesia untuk memakai tanaman obat jadi bahan bakunya,” tuturnya.

Untuk menjembatani banyak akademisi, industri, penduduk dalam meningkatkan kemampuan pengembangan bahan baku obat (BBO) berbasiskan keanekaragaman resapi darat atau laut, LIPI mengadakan seminar Drug Discovery and Development in Indonesia: From Biodiversity to Medicine. Acara ini digelar di Cibinong, Jawa Barat, pada Selasa (19/2/2020).

Author

admin@poemascortosweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *